Minggu, 14 Juni 2009

Apa itu Klorofil?

APAKAH CHLOROPHYLL ITU ?
Klorofil merupakan sel hidup pertama yang tumbuh di bumi dalam bentuk alga biru hijau. Kata kloro pada klorofil bukan berarti bahwa klorofil mengandung elemen klorin, tetapi kata klorofil tersebut diambil dari bahasa Yunani, Chloros yang berarti hijau, serta kata phyllon yang berarti daun.
Klorofil adalah zat warna hijau alami yang umumnya terdapat dalam daun, sehingga sering disebut juga zat hijau da-un. Tahun 1818, untuk pertama kalinya Pelletier dan Caventou memakai nama klorofil untuk menggambarkan komplek pigmen yang memberikan warna hijau pada daun tanaman. Warna hijau tersebut disebabkan klorofil tidak efektif dalam penyerapan cahaya gelombang hijau dan hanya memantulkannya saja. Klorofil menunjukkan serapan maksimum di daerah biru (400-450 nm) dan merah (650-700 nm) dari spektrum tampak.
Pigmen klorofil sangat berperan dalam proses fotosintesis tumbuhan dengan mengubah energi cahaya yang diserap menjadi energi kimia, kemudian menyimpannya sebagai nutrisi. Ribuan pigmen klorofil dalam kloroplas bereaksi dengan sinar matahari dalam waktu yang sangat singkat, yaitu sekitar 1/ 1000 detik, suatu ukuran waktu yang sangat singkat.
Klorofil merupakan substansi unik dalam tumbuhan hijau yang memberikan karakteristik warna hijau dan sering disebut sebagai darah tanaman. Klorofil merupakan nutrisi yang larut dalam lemak. Klorofil sangat bermanfaat bagi manusia yang telah dibuktikan melalui penelitian oleh beberapa ahli. Orang-orang Yunani kuno menunjukkan kemampuan mereka dalam hal obat-obatan alami menggunakan tumbuhan berdaun hijau untuk mengatasi bermacam-macam penyakit seperti luka atau lecet. Klorofil merupakan suplemen yang kaya akan mineral penting, yang dapat membantu perbaikan jaringan, membersihkan darah, membantu hati dalam mem-produksi sel darah merah dan pembersih tubuh internal. Selain itu, suplemen klorofil juga diperlukan tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur peredaran darah, pencernaan, saluran air seni dan sistem pernafasan. Sebagai obat, suplemen klorofil juga berkhasiat sebagai anti kanker, anti peradangan, antioksidan, penyembuh luka, memperbaiki masalah pencernaan seperti konstipasi (sulit buang air besar) dan anemia (Chernomorsky & Segelman, 1988).

Prof. Benard Jansen menyatakan, orang sehat memiliki jumlah darah lebih banyak dibandingkan orang sakit, namun pada orang sakit, setelah mengkonsumsi klorofil dalam jum-lah cukup, menunjukkan peningkatan jumlah darah dan kesehatan yang semakin membaik. Dr. Richard Willstatter dan Dr. Hans Fisher telah berhasil mengidentifikasi fungsi sesungguhnya dari klorofil dan menjelaskan bahwa molekul klorofil memiliki kesamaan struktur dengan haemoglobin, yaitu pigmen merah dalam darah manusia. Perbedaan utama struktur keduanya terletak pada pusat logamnya.

Pusat logam klorofil adalah magnesium, sedangkan pusat logam haemoglobin adalah besi (Granick dan Gilder, 1945). Atas penemuan Willstatter dan Fisher tersebut, keduanya mendapat hadiah Nobel bidang pengobatan dan kimia pada tahun 1915 dan 1930.

chlorophyll adalah pigmen warna hijau pada tumbuhan yang sangat berperan dalam proses FOTOSINTESA
MATAHARI SUMBER ENERGY TERBESAR DI TATA SURYA KITA

PROSES FOTOSINTESA
H2O + CO2 → C6H12O6 + O2
(Dengan bantuan sinar matahari dan chlorophyll)
Hal ini menunjukkan bahwa dimuka bumi ini ada oksigen karena adanya proses FOTOSINTESA. Dan proses fotosintesa terjadi karena ada salah satu unsur yang sangat penting yaitu CHLOROPHYLL.
Sehingga setuju atau tidak setuju, sebenarnya setiap makhluk di muka bumi ini membutuhkan yang namanya CHLOROPHYLL.
KESIMPULANNYA:
CHLOROPHYLL ADALAH SUMBER ENERGY YANG LUAR BIASA